Rabu, 08 Desember 2010

Mengkonfigurasi Jaringan Ad-Hoc Wireless LAN

Mengkonfigurasi Jaringan Ad-Hoc Wireless LAN (peer-to-peer)

Model jaringan ini memungkinkan perangkat wireless berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa central access point.
Banyak metode digunakan untuk konfigurasi jaringan Ad-Hoc, berikut adalah salah satu contoh sederhana tips dan tahapan dalam mengkonfigurasi jaringan Ad-Hoc wireless LAN.
Dibutuhkan “wireless network card” pada masing-masing komputer. Masuk ke “network card properties” dan set SSID dengan nama tertentu (unique). Pastikan bahwa anda mengkonfigure SSID dengan nama yang sama untuk masing-masing komputer. Jika tidak sama, jaringan tidak akan terhubung.
Masuk ke “network card properties” dan set “channel” untuk jaringan wireless yang akan digunakan. Pastikan anda mengkonfigurasi channel dengan angka yang sama untuk masing-masing komputer. Jika tidak, jaringan tidak akan terhubung.
Set IP LAN static pada kedua komputer. Patikan anda mengkonfigurasi IP komputer tersebut dalam satu subnet dan range yang sama. Jika anda set IP pada satu komputer 192.168.1.1 255.255.255.0, pastikan komputer lainnya di set juga pada range (192.168.1.2-254).
Set “network card” pada mode “ad-hoc”, bukan “infrastructure”. Dengan konfigurasi diatas, seharusnya jaringan ad-hoc anda sudah bisa berjalan normal. Misal, salah satu PC anda terhubung ke internet, dan PC satu lagi ingin ikut/numpang dalam mengakses internet, anda bisa mengaktifkan fungsi Internet Connection Sharing (ICS) pada OS Windows, berikut tahapannya:
Aktifkan “ICS” pada PC yang memiliki koneksi internet. Catat alamat IP PC ini, yang akan menjadi komputer “host”.
Set “default gateway” “network card” pada PC yang kedua ke alamat IP komputer “host” (refer ke No.1).
Set “DNS server” untuk PC yang kedua dengan alamat IP DNS dari ISP anda.
Perlu diingat bahwa dengan “Internet Connection Sharing” (ICS) via ad-hoc wireless LAN, komputer “host” harus selalu “ON”, jika anda ingin PC kedua bisa mengakses internet.

Tahapan Test Koneksi untuk PC Windows :
Klik Start.
Klik Run.
Ketik “cmd”.
Ketik “ping x.x.x.x”, dimana x.x.x.x adalah alamat IP dari salah satu PC.
Jika “ping is successful”, maka jaringan anda sudah UP dan anda memiliki “full connectivity”


Menyiapkan Jaringan Ad Hoc Wireless di Windows XP
Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat mengatur jaringan nirkabel ad hoc untuk berbagi Koneksi Internet di rumah tanpa menggunakan router dan switch?. Tentu saja Anda juga dapat menggunakannya untuk berbagi file atau printer antara 2 atau lebih komputer secara nirkabel.
Harap dicatat Anda dapat memiliki hingga 9 klien nirkabel dalam jaringan nirkabel ad-hoc, yang komputer mengirim data mereka secara langsung satu sama lain. Satu-satunya kelemahan dari pendekatan ini adalah dukungan nirkabel jangkauan terbatas. Anda akan perlu memiliki router nirkabel atau jalur akses untuk jangkauan nirkabel yang lebih baik.
Jika Anda memeriksa diagram di bawah ini, Anda memiliki komputer tersambung ke Internet dan juga dilengkapi dengan adaptor nirkabel.
Anda juga punya komputer dilengkapi dengan adaptor nirkabel atau notebook dengan kartu PCMCIA wireless. maka Anda dapat mengatur ad-hoc jaringan nirkabel untuk berbagi Koneksi internet tanpa menggunakan router atau switch
IP Address Allocation Alokasi IP Address
Anda perlu mengalokasikan alamat IP untuk setiap komputer yang melibatkan dalam jaringan nirkabel ad-hoc. Jika Anda memiliki 3 komputer, Anda hanya dapat menetapkan 192.168.0.1, 192.168.0.2 dan 192.168.0.3 ke komputer masing-masing dengan netmask 255.255.255.0. Periksa cara mengatur IP di sini jika Anda tidak terlalu yakin.
Catatan: Jika Anda memiliki Internet Connection Sharing diaktifkan di komputer host, Anda hanya dapat mengatur setiap komputer klien untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis, maka komputer ini harus bisa akses Internet.
Host Konfigurasi Komputer
1) Mari kita mulai dengan konfigurasi, disini saya akan memilih satu komputer untuk memulai konfigurasi, klik kanan adaptor nirkabel dan kemudian klik properti.
Catatan: Harap aktifkan host komputer iklan ini konfigurasi hoc pada komputer host ICS jika Anda ingin menggunakan Microsoft Internet Connection Sharing fitur.
2) Wireless Network Connection Properties akan muncul. Klik tab Jaringan Nirkabel, di sini saya centang Gunakan Windows untuk mengkonfigurasi pengaturan jaringan nirkabel saya. Setelah itu klik tombol Advanced.
Catatan: Anda juga dapat menggunakan alat konfigurasi yang disediakan oleh produsen adaptor nirkabel untuk mengkonfigurasi jaringan wireless ad hoc.

3) jendela Advanced akan muncul. Pilih komputer-ke-komputer (ad hoc) jaringan-satunya pilihan. Klik Close pada akhirnya.
Catatan: Jangan kutu otomatis terhubung ke jaringan non-pilihan dalam rangka untuk mempermudah konfigurasi.

4) Setelah itu, klik Tambah untuk menambahkan baru jaringan nirkabel ad hoc.

5) Nama jaringan ad hoc, disini saya menggunakan rumah-adhoc. Cobalah untuk menggunakan otentikasi terbuka tanpa enkripsi terlebih dahulu. Setelah diuji bekerja dengan baik, hanya melanjutkan untuk mengaktifkan WPA atau enkripsi WEP. Click OK at last. Klik OK di terakhir.

6) Sekarang Anda akan melihat iklan Anda menciptakan jaringan hoc (PC ikon kartu) dalam daftar jaringan pilihan. Anda telah selesai mengkonfigurasi host komputer ini.


Konfigurasi Komputer Klien
1) Pada komputer klien yang lain, Anda hanya perlu mengatur adaptor nirkabel untuk menggunakan Windows untuk mengkonfigurasi pengaturan jaringan dan memungkinkan komputer-ke-komputer (ad-hoc) jaringan saja. Cukup ikuti langkah 2 dan 3 pada konfigurasi host komputer di atas untuk menyelesaikannya.
2) Anda kemudian klik kanan adaptor nirkabel untuk melihat jaringan nirkabel yang tersedia, Anda akan melihat iklan Anda jaringan nirkabel hoc, lanjutkan untuk terhubung ke sana. Pada tahap ini, Anda harus dapat terhubung ke jaringan nirkabel ad hoc!
Catatan: Jika Anda memiliki Internet Connection Sharing diaktifkan di komputer host, Anda hanya dapat mengatur setiap komputer klien untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis, maka komputer ini harus bisa akses Internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar